Laili Setia Hanivah, Student Athlete Multi Talenta

Laili Setia Hanivah, Student Athlete Multi Talenta

Multi Talenta, itulah kata yang tepat untuk seorang Laili Setia Hanivah atau yang akrab disapa Laili/Lely. Tapi siapa sih sebenernya Kak Lely ini? Ia adalah salah satu punggawa Tim Basket Putri UBAYA Surabaya yang ikut mengantarkan UBAYA menjuarai LIMA Nasional tahun 2013 ,2014 dan 2015 serta Juara 1 National Campus League 2013-2014.

Semua berawal ketika disekolahnya SMPN 2 Kepung dibangun lapangan basket baru, saat itu Laili Setia Hanivah sedang duduk dikelas 8 mengaku mulai tertarik dengan olahraga basket, namun ia menuturkan belum terlalu fokus dan masih coba-coba saja, karena pada saat itu juga masih fokus dengan olahraga lain. Namu seiring berjalannya waktu ketika duduk dikelas 10 mulailah latihan secara serius dan ikut latihan di JABAYA KEDIRI. Meskipun tempat latihan jauh dari rumah tapi Kak Lely mengaku itu bukanlah halangan yang berarti karena sudah terlanjur suka dan punya banyak teman baru.

Jayabaya Kediri

Selain menekuni olahraga basket, Kak Lely yang asli Dsn Bangkok Ds Klampisan Kec Kandangan ini juga menekuni olahraga lain, dan tidak hanya sekedar hobi tapi juga berprestasi, nggak percaya? lihat saja prestasi-prestasi yang diraihnya sbb :

1. Juara II Pencak Silat kelas A Putri dalam Pekan ”Olahraga Pelajar Daerah ke VII (POPDA) tahun 2008 se-Jatim.”
2. Juara I Putri Invitasi Bola Basket Perbaska tahun 2008 se- Kabupaten Kediri.
3. Juara III Pencak Silat tanding kelas B Putri Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN) tahun 2009.
4. Juara III Putri Dalam Kejuaraan Futsal pelajar SMA/Sederajat se-ekskaresidenan Kediri dalam Komu Futsal Festival (KFF) tahun 2009.
5. Juara III Putri dalam Kejuaraan Bola Basket Pelajar se-Jatim ”Dandim CUP 0814 2009”.
6. Juara II Putri dalam Kejuaraan Futsal Pelajar SMA/Sederajat se-Ekskaresidenan Kediri, SPECS-Komunitas Muda Radar Kediri Futsal League (SPECS-KFL) tahun 2010.
7. Juara I Kompetisi Bola Basket Putri se-Kabupaten Kediri Piala Kepala SMA Negeri 1 Kandangan.
8. Juara 1 Kerapian Teknik Dasar Perisai Diri International Championship 2010.
9. Juara 3 Sepakbola Piala Budhe Karwo II 2013.
10. Juara 1 Sepakbola Piala Budhe Karwo III 2014.
11. Juara 2 Futsal Piala Budhe Karwo 2015.
12. Dan masih banyak lagi 🙂

 

laili-sma

Selepas lulus dari SMAN 1 Pare Kak Lely memutuskan untuk masuk ke Fakultas Psikologi UBAYA Surabaya, dan hebatnya bisa masuk lewat jalur basket, meskipun awalnya kurang dipercaya untuk masuk lewat jalur prestasi bola basket karena tidak ada prestasi ditingkat nasional. Tapi hal itu tidak menyurutkan niat dan nyali Kak Lely, setelah pelatih mengetahui permainan basketnya barulah dipercaya secara penuh, dan hebatnya lagi Kak Lely bisa bersaing masuk tim UBAYA yang kebanyakan adalah pemain-pemain profesional yang berlaga di WIBL.

Ubaya Champion LIMA

Meskipun kuliah dapat beasiswa dari basket bukan berarti bisa seenaknya bolos kuliah ato ujian dan minta dispensasi dengan alasan ikut basket. Kuliah dan basket harus jalan bersamaan, ia menjelaskan kalau IPK kurang maka tidak boleh ikut LIMA dan beasiswa-pun terancam dicabut.

Pemain idola Kak Lely adalah Raisa Aribatul dari Surabaya Fever, entah kebetulan atau bukan tapi gaya permainan Kak Lely disebut-sebut mirip dengan permainan Kak Raisa. Dan ironisnya lagi ketika Grand Final LIMA tahun 2014 saat itu Kak Lely bermain melawan Raisa Aribatul yang waktu itu masih membela UNAIR Surabaya. Meskipun sering disamakan dengan pemain idolanya itu tapi ujarnya permainannya masih kalah jauh jika dibanding dengan Kak Raisa 🙂

Video Final LIMA Nasional 2014

Video Final LIMA Nasional 2015 (Laili Setia Hanivah #8 On-Fire Q4) 

Video Higlight (Laili Setia Hanivah) LIMA 2016

 Meskipun bisa menjuarai LIMA tingkat Nasional beberapa kali, namun prestasi yang paling membanggakan baginya adalah ketika pertandingan bola basket antar Fakultas Psikologi se Indonesia di Semarang. Awalnya cuma membantu melatih Fakultas Psikologi Putri UBAYA, tapi karena masih boleh bermain akhirnya Kak Lely ikut main dan merangkap jadi kapten dan coach, karena peraturannya yang penting ada official di tim. Kak Lely menjelaskan agak susah karena harus mengatur nafas dan mengawasi semua pemain, yang membuat berkesan adalah meskipun sudah merangkap jadi kapten dan coach lalu menjadi pemain mvp dan akhirnya juga bisa membawa thropy bersama tim Psikologi UBAYA. Dan prestasi itu semakin berkesan karena menjadi persembahan terakhir untuk UBAYA, karena itu adalah tahun terakhir Kak Leli kuliah di UBAYA.

Tim Basket Psikologi Ubaya Surabaya

Laili Setia Hanivah

Selain menjadi pemain di Tim Basket UBAYA, Kak Lely juga masuk di Club Putri Surabaya (Futsal dan Sepak Bola) juga lo, dan sering ikut pertandingan antar club Futsal , Hmmm bisa bayangin nggak, gmana coba ngatur watunya antara kuliah, basket dan futsal 🙂 .Dari sekian banyak prestasi yang diraihnya diberbagai bidang, prestasi terakhir yang baru saja diraihnya dan tidak kalah besar adalah tentu saja Wisuda dari Fakultas Psikologi UBAYA Surabaya pada September 2016 kemarin.

14272042_1051482478303479_1169282833_n

Diakhir wawancara dengan pemain yang meyukai nomor 12 ini mengharapkan agar Basket di Kediri semakin maju dan bisa mencetak bibit-bibit pemain profesional yang lebih banyak lagi. “Jangan pernah takut bosan dan capek latihan, Ibarat pisau semakin diasah semakin tajam, begitu jg dengan skill basket”, begitulah harapan dan motivasi dari Laili Setia Hanivah.

Laili Indocourt

 

Sumber :

– Wawancara langsung dengan Laili Setia Hanivah.
http://www.ligamahasiswa.co.id/
http://www.ubaya.ac.id/
http://sman1pare.sch.id/2010/09/01/laili-setia-hanivah-atlet-beladiri-dari-smansa-pare.html